Minuman Tradisional Di Indonesia Yang Cocok Di Musim Hujan

Kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi ramuan-ramuan alami, membuat lahirnya minuman tradisional di Indonesia. Selain sehat, minuman tersebut juga cocok untuk menghangatkan badan ketika musim hujan. Banyak minuman tradisional yang masih bisa kita temui. Seperti minuman tradisional Indonesia yang cocok di musim hujan berikut ini,

Minuman Tradisional Indonesia Yang Cocok Di Musim Hujan, Cocok Untuk Hangatin Badan
1. Angsle
Angsle, merupakan minuman tradisional yang bisa kita temui di Kota Malang. Dalam satu porsi, angsle berisi ketan putih, ketan hitam, bulatan tepung ketan, dawet, mutiara dan potongan roti. Tak lupa air santannya yang manis dan juga menghangatkan. Biasanya angsle mudah ditemukan ketika hari menjelang sore.

2. Sekoteng
Minuman tradisional di Indonesia yang cocok di musim hujan berikutnya ialah sekoteng. Sekilas sekoteng memiliki kesamaan dengan angsle. Bedanya sekoteng ditambahkan kacang tanah dan jahe untuk menghangatkan badan. Minuman khas Jawa Tengah ini cocok anda konsumsi ketika musim hujan.

3. Wedang Ronde
Untuk anda yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur pastilah sering meminum wedang ronde. Apalagi ketika suasana dingin karena hujan, rasanya manis dan hangat ditubuh. Wedang ronde adalah minuman tradisional Yogyakarta, namun banyak ditemui di beberapa tempat di Pulau Jawa. Wedang ini memiliki wangi yang khas karena terbuat dari sereh dan jahe yang dimemarkan.

4. Wedang Bajigur
Jika Jawa Tengah memiliki Wedang Ronde, berbeda dengan kota dingin Bandung. Bandung memiliki minuman tradisional dari kopi yang diberi nama bajigur. Cukup merebus kopi hitam dengan santan, gula jawa, gula pasir, garam dan pandan. Kemudian sajikan dan nikmati selagi panas.

5. Bandrek
Selain wedang bajigur, Bandung juga memiliki minuman tradisional yang tak kalah populer yaitu bandrek. Jika bajigur menggunakan kopi, bandrek menggunakan susu yang dicampur dengan jahe, cengkeh, sereh, pandan dan gula pasir. Apabila anda tidak tahan dengan hawa dingin di Bandung bisa meminum bandrek sebagai penawar.

Itulah beberapa minuman tradisional di Indonesia yang cocok di musim hujan. Setiap daerah di Indonesia terutama di daerah pegunungan memang memiliki minuman tradisional. Selain menghangatkan minuman tersebut juga berkhasiat. Hal ini dikarenakan campuran rempah seperti jahe, cengkeh dan pandan yang bisa membuat badan kembali bugar dan rileks.